Jangan salah, wanita ternyata lebih getol dibanding kaum pria dalam urusan game. Benarkah?

Hal itu mengacu pada studi yang dilakukan oleh University of Southern California yang mempelajari mengenai perbedaan gender di antara para gamer. Lebih spesifik lagi, mereka meneliti gamer-gamer yang memainkan EverQuest II, sebuah game yang dikembangkan oleh Sony Online Entertainment.

Dalam penelitiannya itu, diketahui bahwa wanita menghabiskan waktu lebih banyak dalam memainkan game tersebut dibanding pria. Mereka cenderung lebih enggan menghentikan permainan karena merasa bahagia. Dari LA Times, Rabu (30/12/2009), wanita menghabiskan waktu 29 jam dalam seminggu untuk nge-game, sedang pria hanya 25 jam.

Penemuan lainnya dalam survey yang dilakukan pada 7.000 gamer ini juga menemukan data bahwa wanita yang bermain EverQuest II lebih rajin berolahraga dan jauh dari kata gemuk dan nerd. Hal lain yang ditemukan ialah bahwa pria dalam hal nge-game lebih berfokus pada pencapaian dan agresif, sedang wanita lebih suka mengurangi kadar kekerasannya.

Dan bukan hanya untuk urusan jalan-jalan saja wanita lebih suka rame-rame. Urusan nge-gamepun wanita lebih memilih untuk bermain bersama orang lain. 6 dari 10 gamer wanita biasa bermain dengan pacarnya, namum hanya 1 dari 4 laki-laki yang melakukan hal serupa. Dilaporkan, wanita lebih senang bermain dengan orang lain, sedang pria lebih suka untuk bermain sendiri.